Ticker

6/recent/ticker-posts

PELEPASAN SISWA KELAS IX TAHUN 2014

Perpisahan Kelas IX SMPN 2 Girimarto Tahaun 2014
Perpisahan Kelas IX SMPN 2 Girimarto Tahaun 2014
SMPN 2 GIRIMARTO - PERPISAHAN - Setelah kelas IX melaksanakan Ujian Nasional (UN) pada tanggal 5 Mei 2014 yang lalu, kini tinggal menanti hasilnya atau kelulusan yang direncanakan akan diumumkan besok pada tanggal 14 Juni 2014.

Setelah merampungkan Ujian Nasional, maka pembelajaran tahun 2013/2014 bagi siswa-siswi kelas IX SMP telah rampung secara keseluruhan, dan kini tinggal berdoa semoga nantinya pada tanggal kelulusan semua bisa LULUS dengan nilai yang EXCELLENT.

Untuk SMPN 2 GIRIMARTO, siswa-siswi kelas IX telah diserahkan kembali kepada wali siswa dalam sebuah acara yang digelar oleh panitia kecil kelas IX. Acara perpisahan ini digelar pada tanggal 31 Mei 2014 bertajuk SERAH TERIMA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 GIRIMARTO Tahun Pelajaran 2013/2014.

Lia Setyowati Penyanyi Organ Tunggal Raras Irama SMPN 2 Girimarto
Lia Setyowati

Jalannya acara Serah Terima Siswa Kelas IX ini, setelah orang tua wali siswa semua hadir dan memasuki tempat perhelatan, mereka disuguhi dua hiburan berupa Organ Tunggal Raras Irama SMPN 2 Girimarto, dan dua buah lagu jawa oleh Grup Karawitan Siswa Irama SMPN 2 Girimarto.

Organ Tunggal Raras Irama adalah merupakan kegiatan ekstra kurikuler kesenian asuhan ibu Ririh Prihmiyati, S. Pd. Bunda Ririh atau Bunda Gita Amarta (panggilan akrab) adalah guru senior kesenian yang termasuk paling aktif dan kreatif di SMPN 2 Girimarto. Dalam kesempatan acara Pelepasan Siswa Kelas IX ini, Organ Tunggal Raras Irama menampilkan seorang penyanyi andalan yaitu Lia Setyowati. Lia Setyowati adalah siswa kelas IX B yang juga merupakan Ketua OSIS SMPN 2 Girimarto periode tahun 2012/2013.

Grup Karawitan Siswa Irama SMPN 2 Girimarto
Grup Karawitan Siswa Irama SMPN 2 Girimarto

Sedangkan dua lagu jawa Karawitan Siswa Irama tersebut adalah Ketawang Cakrawala laras slendro pathet sanga, dan Lancaran Generasi laras pelog pathet nem. Kedua lagu jawa tersebut yang juga telah ditampilkan dalam Festival Karawitan Pelajar Se-Kabupaten Wonogiri Tahun 2014 yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri pada tanggal 22 Mei 2014 yang lalu, dan Grup Karawitan Siswa Irama SMPN 2 Girimarto binaan ibu Rum Sukesti, S. Sn. ini mampu meraih Juara I.

Grup Karawitan Dwija Irama SMPN 2 Girimarto
Grup Karawitan Dwija Irama SMPN 2 Girimarto

Kedua lagu tersebut dapat dilihat di Youtube dengan mengklik link berikut. Ketawang Cakrawala S9 dan Lancaran Generasi P6.

Setelah Siswa Irama menampilkan dua lagu jawa tersebut, kemudian paraga penabuh gamelan digantikan oleh bapak dan ibu guru SMPN 2 Girimarto. Grup karawitan ini bernama Dwija Irama. Grup Karawitan Dwija Irama inilah yang mengiringi acara Pelepasan Siswa Kelas IX dari awal hingga akhir.

Acara Serah Terima Siswa Kelas IX  Tahun 2014 ini diawali masuknya siswa-siswi kelas IX menuju tempat duduk yang telah dipersiapkan. Masuk siswa-siswi kelas IX tersebut berjalan beriringan antara siswa putri dan putra melewati tengah-tengah orang tua wali siswa dengan arahan Ki Subamanggala Bapak Triyatno, S.Pd.

Ki Subamanggala bapak Triyatno, S. Pd.
Ki Subamanggala bapak Triyatno, S. Pd.

Sang subamanggala ing ngarsa asung tuladha, dhasar pideksa sarwa sembada, maksih mudha wimbuh hambeg susila hanoraga, tandang tanduke prasaja tur ngesepake, grapyak semanak marang sapa wae, prasaja busanane, prasaja uripe, luhur bebudene.


Katitik saking solah bawane, ebahing sarira liriking netra, ukeling asta, tumapaking pada ngidak wirama, kapracihna bilih sang subamanggala satuhu lebda ing budaya.

Bapak Triyatno, S. Pd. yang juga mempunyai nama panggilan mBah Ronggo ini memberi contoh laku kejawen. Budaya Jawa yang adi luhung ditanamkan pada siswa didik langsung dihadapan orang tuanya masing-masing. Siswa putri berbusana nasional kejawen (kebaya), sedang siswa laki-laki berbusana eksekutif atas putih bawah gelap berdasi. Ki Subamanggala dan para siswa kelas IX memasuki tempat acara tansah lon-lonan anut wirama Ketawang Ibu Pertiwi laras pelog pathet lima yang ditabuh oleh bapak ibu guru SMPN 2 Girimarto dalam Grup Karawitan Dwija Irama asuhan bapak Kukuh Widiasmoro, S.Sn.

Post a Comment

2 Comments