Ticker

6/recent/ticker-posts

Percobaan Sachs Praktikum IPA Biologi SMPN 2 Girimarto

Uji Amilum Percobaan Sachs Praktikum IPA Biologi SMPN 2 Girimarto
Uji Amilum Percobaan Sachs
SMPN 2 GIRIMARTO - Aktivitas Sekolah - Sahabat Espero Girimarto yang berbahagia, kembali kami berjumpa dengan anda dengan menghadirkan kegiatan proses belajar mengajar (PBM).

Kali ini kami mencoba sharing pada PBM mata pelajaran IPA Biologi kelas VIII yang diampu oleh guru mapel IPA Biologi SMPN 2 Girimarto bapak Agus Sisyanto, S. Pd. pada materi Fotosintesis dengan indikator ketercapaian melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis.

Percobaan Sachs

Salah satu percobaan yang berkaitan dengan fotosintesis adalah percobaan Sachs atau uji amilum. Juliusvon Sachs (1860) telah berhasil membuktikan bahwa dengan menggunakan larutan penguji Iodium atau Lugol dapat digunakan untuk membuktikan adanya amilum pada daun yang melakukan fotosintesis.
Langkah-Langkah Praktikum Uji Amilum (Percobaan Sachs) di Laboratorium IPA Biologi SMPN 2 Girimarto

Praktikum Uji Amilum (Percobaan Sachs)

Tujuan

Membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum (karbohidrat).

Alat dan Bahan

Gelas kimia 500 ml, gelas kimia 200 ml, pembakar spirtus (bunsen), penyangga kaki tiga (tripod), cawan petri, pipet tetes, pinset, kertas timah/kertas karbon/alumunium foil, Alkohol 70%, larutan iodin/yodium/lugol, tumbuhan yang berdaun tipis, air.

Merebus daun hingga layu pada uji amilum percobaan sachs
Tahap 2 Percobaan Sachs

 Langkah Kerja

  1. Dua hari sebelum praktikum siapkan lebih dahulu daun tanaman yang akan digunakan. Carilah daun ketela pohon dan bungkus 2-3 lembar daunnya menggunakan kertas karbon/kertas timah/aluunium foil dan biarkan selama 24 jam.
  2. Setelah 24 jam petiklah daun yang ditutup dengan alumunium foil tadi dan ambil pula 2-3 daun yang tidak ditutup.
  3. Gunting masing-masing daun membentuk potongan kecil dengan bentuk yang berbeda sehingga bisa membedakan antara yang ditutup alumunium foil dan yang tidak ditutup. (Misal bentuk segi empat untuk daun yang ditutup, dan bentuk segi tiga untuk daun yang tidak ditutup).
  4. Rebus dua macam potongan daun tadi dalam gelas kimia (500 ml) yang berisi air panas sehingga layu dan sel-selnya mati.
  5. Pindahkan daun-daun tersebut dalam alkohol yang dimasukkan dalam gelas kimia 200 ml, kemudian masukkan dalam gelas kimia 500 ml yang tadi digunakan untuk merebus daun. Teruskan rebus hingga alkohol berwarna hijau dan daun menjadi berwarna pucat.
  6. Bilas daun pada air mengalir.
  7. Letakkan daun pada cawan petri.
  8. Tetesi daun dengan larutan lugol/yodium/iodine, dan amati perubahan warnanya. Bila ada daun yang berwarna biru setelah ditetesi lugol, artinya daun tersebut mengandung amilum atau karbohidrat.
  9. Catat hasil pengamatanmu dalam tabel pengamatan.
  10. Buatlah kesimpulan dari percobaanmu.

Post a Comment

2 Comments